Wednesday 4 February 2015

Chocolate Mousse Cake


Beberapa minggu yang lalu si kecil Aisyah genap berusia 1 tahun. Untuk itu saya memutuskan membuat kue kecil untuk kemudian di share ke tetangga2, sekalian saya penasaran ingin mencoba beberapa resep baru yang memang sudah antri untuk di uji coba.

Awalnya saya ingin mencoba membuat rainbow cake. Walaupun euforia rainbow cake sudah lama berlalu, tapi saya masih penasaran ingin membuatnya. Duluuu, pernah sih coba membuat cake ini. Tapi hasilnya masih jauh dari bagus. Adonannya jadi deflate karena terlalu sering diaduk. Jadilah hari itu saya dan si buyung berburu food colouring ke ASDA. Sebelum menggunakan food colouring untuk cake ultah saya memutuskan untuk uji coba dulu ke chiffon cake, maksudnya agar bisa tau butuh seberapa banyak food colouring untuk mendapatkan hasil yang bagus. Tapi setelah dicoba ternyata warnanya tak seperti yg ada dibayangan saya dan butuh lumayan banyak colouring. Karena saya merasa tidak nyaman dengan penggunaan food colouring yang terlalu banyak akhirnya saya berputar haluan dan mencoba chocolate mousse cake ini.



Chocolate mousse cake ini terdiri dari coklat sponge cake dan coklat mousse. Sponge cake nya sendiri lembuuut sekali. Moussenya pun tidak menggunakan putih telur mentah layaknya resep mousse kebanyakan. Jadi insyaAllah cake ini aman dikonsumsi anak2 sekalipun.

Anyway, selain prakter resep baru, misi terselebung saya yang lain adalah saya ingin belajar cara menghias kue. Berbekal pallet knife yang sengaja bela2in saya beli sampai salju-saljuan (kalo yg turun hujan kan jadinya hujan2an...hehe..), plus sebulanan belakangan juga tak bosan2nya saya mentengin youtube channel tentang cara menghias kue yang baik dan benar. Jika kepala saya diibaratkan buku, rasanya buku itu sudah full dengan note2 cara menghias kue agar rapih jali. Tapi toh ternyata praktek tak semudah teori. Masih harus banyak belajar nih kayaknya. Sudah ada note2 kecil dari trial dan error saat menghias kue ini. Mudah2an percobaan selanjutnya bisa lebih baik lagi.

Wah, jadi curhat nih saya. Yuk, lanjut ke resep saja ya.. Bila mau lihat resep aslinya bisa lihat disini ya..

Resep cake:

Bahan:
3 butir kuning telur
15gr caster sugar (saya pakai sugar granule)
35gr corn oil (saya pakai sunflower oil)
45gr susu cair
15gr cocoa powder
1/4sdt chocolate emulco (saya tidak pakai)
50gr cake flour (saya pakai plain flour)

3 butir putih telur
1/8sdt cream of tartar (saya tidak pakai, haram bow..hehe)
45gr caster sugar (saya pakai sugar granule)

Cara:
1. Panaskan oven disuhu 140C. Siapkan loyang tanpa dialas dan dioles mentega
2. Kocok putih telur hingga berbusa, lalu masukkan sedikit demi sedikit gula pasir sambil terus dikocok hingga kaku. sisihkan.
3. Kocok kuning telur dan gula pasir hingga tercampur rata, lalu masukkan minyak dan susu. Masukkan bahan kering lainnya yg telah diayak. Aduk rata.
4. Masukkan 1/3 adonan putih telur kedalam adonan kuning. Aduk balik. Lalu masukkan sisa adonan kuning. Aduk balik hingga tercampur rata.
5. Tuang adonan kedalam loyang. lalu panggang sekitar 15-25 menit (tergantung ukuran loyang, jika mengggunakan loyang kecil mungkin butuh 20-25 menit, jika menggunakan loyang besar, cukup 15 menit), lalu naikkan suhu oven menjadi 170C, lalu lanjutkan memanggang hingga matang. Cara ini dilakukan agar permukaan cake tidak retak.
6. Setelah cake matang, keluarkan dari loyang. Dinginkan.

Resep Chocolate Mousse:

150ml double cream, kocok hingga kaku, sisihkan (saya bikin double, jadi saya menggunakan 300ml dan saya tambahkan gula bubuk)

50ml double cream (saya pakai 100ml)
50ml susu cair (saya pakai 100ml)
1 butir kuning telur (saya pakai 2 butir kuning telur)
150gr coklat (saya pakai 200gr dark chocolate), lelehkan

Cara:
1. Panaskan susu cair dan cream hingga simmering (bagian pinggir mulai berbuih), lalu ambil sedikit campuran susu, campurkan bersama kuning telur. Kocok hingga tercampur rata, lalu tuang kembali kedalam campuran susu dan cream. Masak kembali sambil diaduk2. Lalu masukkan coklat leleh, aduk terus hingga kental. Matikan, tuang kedalam wadah. Tutup dengan plastic wrap dengan bagian plastik menyentuh bagian atas adonan. Dinginkan.
2. Setelah benar2 dingin, campur dengan cream yang telah di kocok.

Penyelesaian:
Belah cake menjadi 2 atau 3 bagian. Letakkan cake, lalu oles dengan mousse menggunakan piping bag agar hasil lebih rapi. Lalu tumpuk dengan bagian cake lainnya, dan seterusnya. Hias cake sesuai selera




Kali ini saya menggunakan loyang untuk roll cake sehingga hasil cakenya tipis. Jadinya, cake tidak saya belah melainkan saya potong menjadi 4 bagian. Karena cakenya tipis jadi tidak terlalu terlihat digambar. Lembut mousse bergabung dengan lembut khas cake. Enaaaak sekali, sampai2 si upiak aisyah tak henti2nya minta disuapin...hehe..

Selamat mencoba.. ^^

No comments:

Post a Comment