Sunday 8 February 2015

Tropical Fruit & Chocolate Pudding


Saya bukanlah penggemar pudding2an, tapi suami saya maniac. Ntah karena saya rasa tidak suka itu, atau ntah karena apa, saya tidak pernah berhasil membuat pudding yang katanya lembut itu. Permasalahan yang biasa saya temui adalah tekstur puddingnya keras, walaupun saya (sepertinya) sudah menggunakan air sesuai takaran. Hingga akhirnya saya "menyerah", dan enggan untuk mencoba membuat pudding lagi sampai beberapa hari yang lalu saya punya jus buah kemasan yang saya beli untuk menjamu ibu2 liqo dan masih tersisa lumayan banyak.
Berhubung dirumah tidak seorangpun yang mengkonsumsi jus buah kemasan, jadinya bila tidak segera dimanfaatkan maka sudah dipastikan si jus akan berakhir ketempat sampah. Jadilah, dengan semangat 45 plus dengan mindset "nothing to loose" saya akhirnya memberanikan diri untuk membuat pudding lagi.





Kali ini saya membuat pudding dengan 2 rasa, yaitu rasa tropical fruit (sesuai kemasan jus) dan coklat. Yang terbayang saat itu adalah rasa manis asam dari jus berpadu dengan legitnya coklat. Hhhmmm.. Tapi buru2 saya hapus bayangan itu, karena saya yakin saat itu puddingnya akan gatot alias gagal total.. Hehe.. terkesan sangat hopeless sekali, which is true, indeed...

Puddingpun selesai dan sudah set didalam lemari es. Saatnya icip2. Sedikit deg2an, takut lapisannya lepaslah, teksturnya keras lah, rasanya tidak enaklah.. Tapi kembali menghipnotis diri sendiri, "nothing to loose" bund... Surprise... ternyata hasilnya sangat berbeda dari yang saya bayangkan. Semua kekhawatiran yang sempat hinggap tidak terbukti sama sekali. Rasanya sesuai dengan yang saya bayangkan sebelumnya, dan yang terpenting teksturnya lembut, pas dengan selera suami tercinta.. Alhamdulillah... Kutukan puddingpun sudah mental, saatnya mencoba jenis pudding lainnya, insyaAllah..

Anyway, resepnya saya share disini ya..

Pudding jus buah:
500ml jus buah (saya menggunakan tropical fruit, bisa menggunakan rasa lainnya)
300ml susu cair
100ml double cream (krim kental)
1 bungkus agar2 bubuk (7gr)
100gr gula pasir (sesuai selera)
sedikit garam

Pudding coklat:
800ml susu cair
100ml double cream (krim kental)
50ml susu kental manis (bisa di skip, saya kebetulan punya sisa sedikit, hehe)
50gr gula pasir (sesuai selera)
1 sdm coklat bubuk
1 bungkus agar2 bubuk (7gr)
sedikit garam

Cara:
1. Pudding jus buah: Campur gula pasir dengan agar2 bubuk, aduk hingga tercampur. Masukkan kedalam campuran jus, susu, dan krim. Aduk2 hingga larut lalu masak hingga mendidih. Bagi 2 adonan pudding. Masukkan setengahnya kedalam wadah yang telah dibasahi sedikit air agar pudding mudah dikeluarkan dari wadah. Biarkan dingin, sisihkan setengah adonan lainnya dan tutup dengan foil agar tetap hangat.
2. Sementara menunggu pudding diwadah mengeras, lanjutkan memasak adonan pudding coklat. Campur agar2, gula pasir dan coklat bubuk hingga tercampur, lalu masukkan kedalam campuran susu dan cream. Aduk hingga coklat bubuk larut. Lalu masak hingga mendidih. Bagi 2 adonan kembali.
3. Untuk memastikan setiap lapisan pudding merekat sempurna, tusuk2 permukaan pudding yang sudah mengeras dengan menggunakan tusuk gigi secara merata. Lalu tuang setengah adonan coklat. Biarkan mengeras/set. Setelah mengeras, tusuk lagi permukaan pudding dengan tusuk gigi, lalu tuang sisa adonan pudding jus buah keatasnya. Bila adonan pudding sudah keburu mengeras, panaskan kembali. Lalukan hingga adonan habis. Lalu dinginkan dan biarkan dalam lemari es minimal 1-2jam agar pudding benar2 merekat sempurna.
4. Keluarkan pudding dari wadah, potong2 sesuai selera. Pudding siap disajikan.


Bila ingin tekstur pudding yang lebih creamy, kurangi takaran susu lalu tambahkan cream sebagai penggantinya. Asam manis dan legit...Hmm...Pas dinikmati saat cuaca panas, walaupun disini kenyataanya lagi winter sih..hhehehe...

Anyway... selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment