Monday 30 March 2015

KBB #45: Mini Chocoflan


Ceritanya ini tantangan pra-member saya untuk bisa bergabung di KBB. Telat sekali ya? Hiihihihi...Habis gimana dong, baru ngeh sekarang. Yang penting pernah mencoba dari pada tidak sama sekali toh? tooooh...

Tantangan kali ini adalah mini chocoflan. Sebenarnya saya tidak terlalu asing dengan dessert yang satu ini karena sudah sering melihat proses pembuatannya di youtube. Tapi memang belum ada keinginan untuk membuatnya sendiri karena suami dan anak saya tidak begitu suka dengan flan dan jenis2 karamel lainnya, sangaaaat berbeda dengan saya yang maniak dengan semua yang berbau karamel.


Jadilah tantangan ini suatu anugerah (halaaah...) buat saya karena saya jadi punya alasan untuk bikin ini. Demi mengurangi penggemukan badan sendiri akhirnya saya memutuskan untuk membuat setengah dari resep yang diberikan. Alhamdulillah tidak ada kesulitan saat proses pembuatan dan dari setengah resep yang saya buat menghasilkan 6 mini chocoflan ukuran kecil. Pas untuk sekali santap.

Saya pribadi lebih suka mengkonsumsinya dalam keadaan dingin. Daaaan... ternyata, tanpa diduga si ayah yang biasanya menolak jenis dessert yang seperti ini, tau2 sudah menghabiskan 2 mangkok. Plus, nge-tag mangkok terakhir yang dengan setia nangkring di lemari es. Alhamdulillah... senangnya...ga jadi gendut sendiri... Heh??!! hihihi..

Anyway, ini resep aslinya  (saya hanya bikin setengah resep saja). Tidak ada yang saya ubah dari panduan resep yang diberikan kecuali saya menggunakan ramekin untuk wadahnya karena ga punya mini bundt pan. Plus tanpa garnish kenari karena juga ga punya stock kacang-kacangan dirumah...hehe.. 

Mini Chocoflan
Marcela Valladolid dari Food Network

Disalin dari blog buzzfeed.com
Hasil jadi 30mini chocoflan 

Bahan:
Mini bundt pan
Softened butter untuk mengoles pan
roasted pan untuk water bath

Bahan cake:
10 sdm butter, suhu ruang
1 cup gula
1 butir telur
1 3/4 tepung terigu serba guna
3/4 sdt baking powder
3/4 sdt baking soda
1/3 cup coklat bubuk
1 1/4 cup buttermilk

Bahan flan:
1 kaleng evaporated milk
1 kaleng sweetened condensed milk
1/2 cup cream cheese
3 butir telur
1 sdm vanilla ekstrak

Bahan caramel sauce:
120 gr light brown sugar
120 gr butter
100 ml susu fullcream

Garnish:
1/4 cup caramel sauce
1/4 cup kenari atau almond atau kacang lainnya

Cara membuat:

I. CAKE
1. Campur tepung terigu, baking powder, baking soda dan coklat bubuk, kemudian ayak. Sisihkan.
2. Kocok butter dan gula sampai mengembang kemudian masukkan telur dan lanjutkan mengocok.
3. Secara bergantian, masukkan 1/3 bagian campuran tepung, kemudian 1/2 bagian buttermilk. Ulangi sampai habis campuran tepung.
4. Lanjutkan mengocok sampai tercampur rata.

II. FLAN
1. Siapkan blender (saya kocok manual menggunakan balloon whisk) 
2. Campur semua bahan dan masukkan kedalam blender
3. Blend dengan kecepatan tinggi selama 30 detik

III. CRAMEL SAUCE
1. Panaskan oven pada suhu 170-180 derajat celcius
2. Lelehkan butter dan gula diatas api kecil, tunggu sampai gula larut, jaga jangan sampao gosong
3. Masukkan susu sambil diaduk perlahan hingga muncul gelembung-gelembung
4. Lanjutkan mengaduk sebentar kemudian angkat dan sisihkan

IV. MINI CHOCOFLAN
1. Tuang adonan cake hingga setengah tinggi pan
2. Sendokkan adonan flan diatas adonan cake secara perlahan
3. Panggang dengan meletakkannya diatas roasted pan yang telah diisi air panas (water bath method)
4. Oven selama kurang lebih 1 jam atau sampai matang (proses memanggang saya sekitar 40menit)
5. Letakkan diatas cooling rack selama 1jam atau sampai chocoflan dingin/suhu ruang
6. Perlahan keluarkan chocoflan, sendokkan caramel sauce diatasnya dan taburi dengan kenari
7. Langsung sajikan atau dinginkan dulu dalam lemari es



Ga sempat foto2 sesi berikutnya karena kejar2an sama cahaya matahari. Besoknya, lupa deh. Syukurnya masih sempat foto sedikit stepnya (walau buram), dan hasil akhirnya. Next time, bikin lagi aaaah....

Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment