Friday 3 April 2015

Klappertart Durian - No Bake



Saya akui saya memang ketinggalan sekali soal resep2 makanan, sampai2 soal klappertart durian ini baru saya ketahui beberapa minggu belakangan. Sejujurnya saat tau ada yang namanya klappertart durian saya masih tidak bisa membayangkan, bagaimana rasanya ya klappertart original bila ditambah campuran daging durian kedalamnya? Kebetulan klappertart adalah salah satu camilan yang akan saya jajakan di acara DI 2015 akhir bulan nanti. Jadilah terpikir untuk membuat 2 variasia klappertart, original dan durian. Tapi sebelum dijual tentunya harus uji coba dulu dong ya.


Akhirnya beberapa hari yang lalu setelah mengantar uda azzam ke dentist, kami mampir ke salah satu toko oriental di pusat kota untuk membeli 2 box durian monthong frozen. Walaupun frozen, tapi rasanya tetap enak meski harus di akui harganya bikin kantong menangis.. Hehe.. Tapi untuk sesekali sekedar melepas rindu akan durian, bolehlah... 

Balik lagi ke klappertart durian. Seperti biasa saya menggunakan resep klappertart wilton yang terkenal itu yang saya lihat di blog nya mba nina. Hanya saja seperti resep klappertart ala saya yang sudah saya posting sebelumnya, saya tidak menggunakan susu melainkan diganti dengan santan agar rasanya lebih gurih sesuai dengan selera keluarga. Kali inipun saya menggunakan santan kaleng dengan perbandingan 1:1. Setelah semua bahan dan durian dimasukkan dan dimasak, tidak sabar rasanya ingin mencicipi. Tapi kok aroma awalnya seperti aroma mangga? Nah loh? hehehe... Benar loh... Saat icip2 sewaktu adonan belum matang memang sekilas rasanya seperti mangga. Saya sudah lirik lirikan dengan suami yang kebetulan ikut menemani saya didapur. Sudah pasrah akan gagal sebenarnya, walaupun tidak terlalu kecewa karena dalam pikiran saya walaupun jadinya seperti rasa mangga yang penting masih bisa dimakan.

Setelah klappertart mengental dan matang, iseng lagi saya icip, tanpa ekspektasi apa2. Ternyata rasanya... Masyaa Allah... Enaaaaak sekali. Rasa duriannya berasaaaaa sekali walaupun jumlah yang digunakan tidak terlalu banyak.... Enak juga ternyata dimakan dengan pulut ketan, persis seperti makan daging durian asli dengan ketan. Waaaah....saking asyiknya menikmati klappertart durian, malamnya saya sampai benar2 mabok durian. Hihihi... Saya sekarang memang tidak terlalu kuat mengkonsumsi durian banyak2. Kepala langsung nyut nyut rasanya. Tapi walaupun kepala sakit, hati senang karena semua suka dengan rasanya. Salah seorang yang membeli klappertart durian ini pun memberi testimoni yang membuat hati lega dan senang. Alhamdulillah... 




Anyway, jadi kepanjangan ngobrolnya.. Ini resepnya yang saya buat hanya setengah dari resep asli dengan tambahan durian dari saya. Plus, proses pengerjaannnya pun berbeda dengan yang asli karena yang saya buat versi no bake. Bila ingin membuat yang versi dipanggang, bisa berkunjung langsung ke blog mba nina yang sudah link diatas ya..

Klappertart Durian
Sumber: Ruri, Dapur Solia (saya lihat di blog Catatan Nina)
Modified by me

Bahan:
500 ml susu cair ( saya menggunakan 250 ml santan kental + 250 ml air)
25 gr tepung custard (saya skip)
25 gr tepung terigu
25 gr maizena
100 gr gula pasir
3 butir kuning telur
75 gr mentega
Kelapa muda (saya menggunakan kelapa muda kalengan)
50 gr daging durian yang telah diblender halus

Topping (modifikasi dari saya)
100ml double cream/ whipped cream + 1-2 sdm gula pasir
Mixed nuts, sangrai
Dried prune yang dipotong 2
Kayu manis bubuk untuk taburan

Cara:
1. Masak santan yang telah dicampur air dan kelapa muda didalam panci dengan api sedang hingga hangat (tidak mendidih)
2. Sementara itu, campur kuning telur dan gula pasir. Aduk rata. Lalu masukkan terigu dan maizena. Aduk hingga semua tercampur rata.
3. Ambil satu sendok sayur santan yang sudah hangat, masukkan kedalam campuran kuning telur sambil terus diaduk.Masukkan satu sendok lagi. Aduk rata kembali. Lalu tuang adonan kuning kedalam santan. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk menggunakan sendok kayu. Masukkan daging durian. Lanjutkan memasak hingga adonan mengental dan meletup2.
4. Masukkan mentega. Aduk hingga mentega meleleh. Biarkan meletup2 selama kurleb 5menit.
5. Tuang klappertart kedalam wadah tahan panas atau box aluminium. Tutup bagian atas segera dengan plastic wrap dengan plastik menyentuh bagian atas klappertart. Biarkan sampai sudah tidak panas lagi, lalu dinginkan dalam lemari es hingga benar2 set.
6. Saat akan disajikan, tutup bagian atas dengan whipped cream, taburi dengan kayu manis bubuk, kacang sangrai dan dried prune. Klappertart durian siap disajikan.

Buat pecinta durian, dessert yang satu ini sepertinya harus dicoba. Tapi harus hati2 loh waktu makannya. Saking enaknya, tau2 sudah habis 2 mangkok.. Huehehe...

So...lagi punya stok durian? bikin klappertart durian ajah... Selamat mencoba... ^^

No comments:

Post a Comment