Tuesday 25 October 2016

Blueberry crumble bread - killer soft bread



Bismillah,
Walaupun killer soft bread (ksb) sudah lama malang melintang mengguncang dunia perotian ibu2 homebaker seperti saya, tapi saya tidak pernah tertatik untuk mencobanya. Alasan yang paling logis adalah karena saya sampai sekarang belum bisa menemukan feeling memanggang roti menggunakan oven tangkring. Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu akhirnya saya memutuskan untuk menggantinya dengan oven gas untuk juga memudahkan proses memanggang kue2 jualan saya.


Nah, sejak ada oven baru itulah semangat baking saya kembali menyala2. seolah semua mau dicoba. hehe.. termasuklah si ksb ini. Resepnya saya dapat dari seorang teman yang sepertinya hampir setiap hari membuat roti menggunakan resep ini.

Saya share disini ya resepnya

Recipe by: Tintin reyner

Bahan:
200gr terigu protein tinggi (cakra)
40gr terigu protein sedang (segitiga biru)
36gr gula pasir
15gr susu bubuk
180gr cairan (terdiri dari 20gr whippy cream bubuk, 1 butir telur, sisanya susu UHT hingga beratnya mencapai 180gr)
6gr ragi
2gr garam
30gr margarin atau butter

Egg wash : 1 butir telur + sedikit susu cair

Filling (tambahan dari saya): selai blueberry atau srikaya atau sesuai selera dan meises
Crumble (tambahan dari saya pake ilmu kira2): Terigu, margarin, gula bubuk, sedikit susu bubuk, vanilla bubuk, diaduk2 menggunakan garpu hingga konsistensinya seperti bulir pasir yang akan menyatu bila di kepal tapi tidak sampai terlalu benyek dan berminyak. sisihkan

Cara:
1. Campur semua bahan kecuali garam dan margarin. aduk menggunakan standing mixer dengan hook spiral. setelah tercampur, masukkan margarin dan garam, mx dengan speed tinggi selama kurang lebih 15 menit atau hingga kalis dan benar2 ELASTIS. Penting sampai elastis / window pane stage atau hingga adonan ditarik tidak mudah sobek, agar hasil roti benar2 lembut dengan serat dan pori2 yang halus
2. langsung bagi adonan menjadi 10 bagian @50gr atau sesuai selera. Isi dengan filling sesuai selera. Bulatkan atau bentuk sesuai selera. Taruh diatas loyang atau paper cup seperti yang kali ini saya buat. Diamkan sekitar 30menit atau 1jam hingga adonan mengembang.
3. Sementara itu panaskan oven hingga suhu 200dercel atau api besar.
4. Oles permukaan roti yang telah mengembang dengan egg wash, taburi dengan crumble, semprot selai diatasnya (optional).
5. Panggang roti selama 10menit atau hingga kecoklatan.

Saya recommend untuk tidak mengubah apapun dari resep aslinya. Kalaupun saat dibentuk agak sedikit lengket, tinggal taburi tangan dengan sedikit terigu insyaAllah semua akan aman terkendali.




Selamat mencoba..^^


No comments:

Post a Comment