Tuesday 25 October 2016

Bolu Gulung Ekonomis - metode all in one



Bismillah,
Selamat pagi. Ceritanya masih semangat ngeblog.
Hari ini saya post resep bolu gulung ekonomis yang saya lihat d blognya mba ricke. Dulu paling anti sama semua resep yang pakai metode all in one. Selain waktu itu ga punya standing mixer, di Newcastle juga jenis emulsifier seperti SP tidak dijual dipasaran. Dari yang saya baca, untuk metode ini penggunaan SP atau sejenisnya termasuk crucial untuk menghasilkan bolu gulung dengan tekstur yang lembut tapi tidak terlalu airy seperti sponge cake.


Nah, salah satu yang tricky juga soal bolgul adalah proses pemanggangan. Pokoknya kalo masih belajar seperti saya harus selalu setia didepan oven deh saat memanggang si bolgul, plus jangan lupa catat durasinya agar next time saat mencoba lagi hasilnya lebih baik lagi.

Resepnya saya share disini ya

Bolu gulung ekonomis
Recipe by: Ricke'bunda nadhifa indriani

Bahan:
6 butir telur utuh
90gr gula pasir
1sdm emulsifier (jangan di kurangi jumlahnya ya.. :))
70gr terigu
10gr maizena
10gr susu bubuk
1sdt vanilla (saya pake La'rome)
125gr margarin lelehkan (saya pake veg oil)

Loyang:
1 buah loyang ukuran 30x30x4
atau 2 buah loyang ukuran 22x22x4
(saya menggunakan loyang ukuran 30x24x4.. agak ketebalan sih..)

Cara:
1. Panaskan oven di suhu 200dercel atau api besar (saya cukup disuhu 190dercel)
2. Siapkan loyang. Oles dengan margarin, alas dengan kertas roti, oles lagi dengan margarin. Sisihkan
3. Campur semua bahan kecuali margarin. Kocok dengan speed tinggi hingga kental, putih, dan berjejak (sekitar 15menit bila menggunakan mixer merk phillips)
4. Masukkan margarin, aduk balik hingga homogen.
5. Tuang kedalam loyang yang telah disiapkan. Hentakkan untuk mengeluarkan gelembung udara. Segera masukkan kedalam oven. Panggang hingga permukaan bolu cukup kering dan kecoklatan.
6. Siapkan kertas roti bersih, balikkan bolu keatas kertas roti tersebut, copot kertas roti yang menempel didasar bolu. Sgera balikkan kembali keatas cooling rack sampai dingin.
7. Setelah dingn bisa diisi sesuai selera dan gulung dengan PEDE. Hehe.

Saya lebih suka menggunakan veg oil untuk membuat berbagai jens cake karena kalau disimpan dikulkas tekstur cake tetap lembut, beda dengan yang menggunakan butter atau margarin. Tapi tergantung selera juga sih ya.

Kalo ingin tau step2 lengkapnya bisa langsung berkunjung ke blognya mba ricke ya. Beliau punya foto step per step membuat bolu gulung.


Yuk, bikin bolgul yuk..
Selamat mencoba.. ^^

No comments:

Post a Comment