Tuesday 25 October 2016

Cheesy Brownies Ekonomis



Bismillah,
Mumpung lagi punya banyak waktu sekalian aja hari ini post resep cheesy brownies ekonomis. Biasanya saya menggunakan cream cheese untuk membuat lapisan keju pada brownies. Tapi seperti yang kita semua aware, harga cream cheese memang tidak nyaman dikantong. Hehe. Apalagi di Padang ini cream cheese tidak selalu tersedia di supermarket. Dan kalau sudah seperti itu saya harus pergi ke toko yang lokasinya jauuuh dari rumah.


Hingga pada suatu hari saya ke warung dan tanpa sengaja melihat keju oles merk prochiz. Ya ya ya, saya tau saya memang ketinggalan jaman sekali, hehe. Langsung saja berpikir untuk menjadikan keju oles itu sebagai pengganti cream cheese, secara dari segi harga juga murah meriah. (penjaga warungnya sampai confirm 2x ke saya memastikan saya ga salah ambil keju dan menjelaskan kalo keju yg saya ambil itu keju oles bukan keju cheddar seperti yang biasa saya beli :)) )

Hasilnya? Ennaaaaak... dan comment teman2 yang beli cheesy brownies saya juga bilang enak. Ya pastinya ga akan sama persis dengan yang menggunakan cream cheese ya, tapi untuk yang modalnya mepet2, bisa pakai ini sebagai solusi ya..

Resep browniesnya tetap setia menggunakan resep yang biasa saya pakai, tapi ga apa deh saya tulis lagi disini

Recipe by: Laura vitale
modified by me

bahan:
250gr coklat collata dark, lelehkan
3/4 cup gula pasir (aslinya 1 cup)
1/2 cup butter/margarine
1 cup terigu protein sedang
2sdm coklat bubuk
2 butir telur
sedikit garam
1/4sdt vanilla bubuk

bahan keju:
1 pack keju oles prochiz
1 butir telur
Aduk rata hingga homogen, sisihkan

Cara:
1. Panaskan oven, siapkan loyang brownies atau loyang sesuai selera. Oles dengan margarin, alas kertas roti kemudian oles lagi dengan margarin.
2. kocok butter/margarin dengan gula pasir hingga gula larut (tidak perlu sampai mengembang), masukkan telur aduk menggunakan baloon whisk hingga tercampur rata.
3. Masukkan coklat leleh yang telah didinginkan terlebih dahulu, lalu masukkan sisa bahan yang lain. Aduk rata.
4. Tuang adonan kedalam loyang, sisakan skitar 1/2 cup adonan. sisihkan.
5. Tuang adonan keju dan ratakan dengan sendok diseluruh permukaan adonan coklat. tidak perlu sampai rata. Dengan bantuan 2 buah sendok, taruh sedikit demi sedikit sisa adonan coklat diatas adonan keju. Tidak  perlu sampai menutupi seluruh permukaan adonan keju. Lalu gunakan tusuk gigi untuk membuat motif swirl bila mau, atau biarkan seperti itu saja juga tidak apa2.
6. Segera masukkan kedalam oven yang telah panas (harus dalam keadaan panas agar muncul shiny crust). Panggang dengan suhu 180dercel selama kurang lebih 30menit.

note: Pastikan brownies tidak overbaked ya biar tekstur brownies tetap dapat. Sedikit garing diluar, tapi lembut dan fudgy didalam.



So, mau bikin cheesy brownies tapi ga punya cream cheese? pake keju oles ajjjja.. hehe
Selamat mencoba.. ^^

No comments:

Post a Comment