Monday 26 December 2016

Napoleon cake - homemade


Bismillah

Heboh postingan tentang medan napoleon di media sosial membuat saya lumayan mupeng dan penasaran seperti apa sih rasanya. Tapi kalo harus ke medan kok ya jauh sekali. Jadilah saya coba bikin napoleon cake versi sendiri. 

Napoleon sendiri merupakan salah satu jenis dessert berbahan dasar puff pastry yang berasal dari France. Terdiri dari 3 layer puff pastry yang pada masing2 layer terdapat pastry cream. Bedanya dengan medan napoleon adalah, 3 layer puff pastry tersebut kemudian di bungkus dengan cake. 

Karena kondisi kota Padang yang panas, saya memilih menggunakan coklat ganache untuk fillingnya karena saya rasa aman untuk delivery didalam dan luar kota. Dan atas saran suami, saya memilih untuk membuat semua elemen napoleon cake nya homemade. Mulai dari puff pastry, ganache hingga cake. Untuk resep puff pastry saya menggunakan resep puff pastry dari Anna olson yang pernah saya post disini. Namun, untuk adonan butternya saya ganti dengan pastry fat. Sedangkan aroma butter dihasilkan dari penggunaan butter ddalam adonan terigu. Untuk coklat ganache saya menggunakan resep dari blog rina rinso (bisa di google ya), dan untuk rolled cake nya saya menggunakan resep bolu gulung ekonomis dari mba ricke yang juga sudah pernah saya post disini.




Soal rasa, kata teman2 yang sudah pernah beli sih enak..huehe.. tidak eneg karena ada kombinasi rasa yang legit dari cake, gurih dari pastry dan manis dari ganache. 

Yang tinggal diluar kota medan tapi ingin merasakan gimana rasanya medan napoleon, yuk bikin sendiri. Kalau mau praktis, puff pastrynya bisa menggunakan yang instant. Fillingnya pun sesuai selera saja. You're the bosssss :D


No comments:

Post a Comment